Senin, 08 Agustus 2011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Indonesia
Jenjang : Sekolah Menengah Atas
Kelas / Semester : X / Ganjil
Pokok Bahasan : Memahami Siaran Radio/televisi
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
No. RPP/KD : 01 (1.1) - Mendengarkan
=============================================================================
Standar Kompetensi :
Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung/tidak langsung

Kompetensi Dasar :
Menanggapi siaran atau informasi dari media elektronik (berita dan nonberita)

Indikator
a. Menulis isi siaran radio / televisi dalam beberapa kalimat dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami. (Nilai pendidikan budaya dan karakter bangsa kreatif dan nilai pendidikan kewirausahaan inovatif).
b. Menyampaikan secara lisan isi berita yang telah ditulis secara runtut dan jelas. (Nilai pendidikan budaya dan karakter bangsa komunikatif dan nilai pendidikan kewirausahaan komunikatif)
c. Mengajukan pertanyaan / tanggapan berdasarkan informasi yang didengar (menyetujui, menolak, menambahkan pendapat). (Nilai pendidikan budaya dan karakter bangsa toleransi dan nilai pendidikan kewirausahaan realistis)

I. Tujuan Pembelajaran
Siswa diharapkan mampu:
a. Menulis isi siaran radio / televisi dalam beberapa kalimat dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami. (Nilai pendidikan budaya dan karakter bangsa kreatif dan nilai pendidikan kewirausahaan inovatif).
b. Menyampaikan secara lisan isi berita yang telah ditulis secara runtut dan jelas. (Nilai pendidikan budaya dan karakter bangsa komunikatif dan nilai pendidikan kewirausahaan komunikatif)
c. Mengajukan pertanyaan / tanggapan berdasarkan informasi yang didengar (menyetujui, menolak, menambahkan pendapat). (Nilai pendidikan budaya dan karakter bangsa toleransi dan nilai pendidikan kewirausahaan realistis).

II. Materi Pembelajaran
Siaran (langsung) dari radio/televisi, teks yang dibacakan atau rekaman berita/nonberita, pengertian berita, perbedaan nonberita dan berita, pokok-pokok isi berita, dan teknik menanggapi berita.

III. Metode Pengajaran : Diskusi, tanya jawab, dan penugasan

IV. Langkah Pembelajaran

No Tahap Kegiatan Pembelajaran Tugas
P K
1 Awal /Pembuka 1. Memberitahukan tujuan yang hendak dicapai. (Nilai pendidikan budaya dan karakter bangsa komunikatif dan nilai pendidikan kewirausahaan tanggung jawab).
2. Menjelaskan materi yang esensial mengenai berita dan teknik menanggapinya. (Nilai pendidikan budaya dan karakter bangsa komunikatif dan nilai pendidikan kewirausahaan kreatif).
3. Memberikan pengarahan dalam proses kegiatan pembelajaran atau tugas-tugas yang hendak dilakukan oleh siswa. (Nilai pendidikan budaya dan karakter bangsa komunikatif dan nilai pendidikan kewirausahaan kepemimipinan).


2

Inti 1. Siswa mendengarkan berita radio/televisi tentang bencana alam kemudian menuliskan isi berita tersebut dalam beberapa kalimat dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami. (Nilai pendidikan budaya dan karakter bangsa kerja keras dan nilai pendidikan kewirausahaan mandiri).
2. Siswa menyampaikan secara lisan isi berita yang telah ditulis, siswa lain mengajukan pertanyaan/menanggapinya dengan cara menyetujui, menolak, dan menambahkan pendapatnya. (Nilai pendidikan budaya dan karakter bangsa toleransi dan nilai pendidikan kewirausahaan realistis)
3 Penutup 1. Siswa melaporkan tugas kegiatan yang dibuat, setelah itu guru memberikan penguatan dan kesimpulan secara umum (Nilai pendidikan budaya dan karakter bangsa disiplin dan nilai pendidikan kewirausahaan mandiri)
2. Menguji Kompetensi siswa terhadap materi ajar dengan menggunakan pertanyaan lisan/tertulis. (Nilai pendidikan budaya dan karakter bangsa jujur dan nilai pendidikan kewirausahaan realistis)

V. Alat dan Sumber Belajar
Alat : Televisi / Radio
Sumber Belajar :
1. Buku-buku yang relevan dengan materi ajar
2. Buku Bahasa dan Sastra Indonesia Kelas X SMA


VI. Penilaian Kelas :
1. Bentuk Penilaian : Tertulis dan Unjuk Kerja
2. Jenis Penilaian: Uraian singkat dan Pilihan Ganda

VII. Soal
1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan berita?
2. Sebutkan ciri-ciri sebuah berita!
3. Metode apa yang digunakan untuk memahami sebuah berita radio/televisi?
4. Disajikan siaran berita radio/televisi secara langsung atau rekaman siswa mendengarkan siaran tersebut.
5. Catatlah isi atau pesan pokok dari siaran radio/televisi tersebut.
6. Sampaikan secara lisan isi/pesan tersebut dengan lafal dan intonasi yang tepat.
7. Tuliskan isi/pesan siaran radio yang Anda dengar dalam beberapa kalimat dengan menggunakan bahasa yang efektif dan EYD
8. Untuk Tugas Rumah (PR) carilah berita-berita yang menarik di surat kabar kemudian buatlah kliping. Berikan komentar kamu secara singkat setiap kliping berita yang kamu buat. Gunakan metode 5W + 1 H untuk memahami teks berita tersebut.

VIII. Format Penilaian
Menuliskan laporan siaran radio/televisi yang didengar.

NO Aspek yang Dinilai Bobot Maksimal Skor
1
2

3 Ditulis dengan tulisan rapi, cukup, kurang
Isi yang diungkapkan lengkap, cukup lengkap, dan kurang lengkap
Bahasa yang digunakan efeftif, cukup efektif, dan kurang efektif (sesuai EYD) 30
30

40
Jumlah 100



Mengetahui, Amuntai,
Kepala SMAN Guru Bidang Studi




................. .................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar