RPP-01
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XII/1
Pertemuan ke- : 1
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi : Mendengarkan
1. Memahami informasi dari berbagai laporan
Kompetensi Dasar : 1.1. Membedakan antara fakta dan opini dari
berbagai laporan lisan
Indikator :.
· Mencatat pokok –pokok isi laporan
· Membedakan kalimat yang berupa fakta dan opini
· Menemukan kalimat fakta
· Menemukan kalimat opini
· Membuatn kalimat fakta dan opini
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
Diharapkan setelah mempelajari materi tersebut
1. Mencatat pokok –pokok isi laporan
2 Membedakan kalimat yang berupa fakta dan opini
3 Menemukan kalimat fakta
4 Menemukan kalimat opini
5 Membuat kalimat fakta dan opini
II. MATERI PEMBELAJARAN
Judul : Bencana Ekologis
(Wacana terlampir)
III. MEDIA PEMBELAJARAN/SUMBER BELAJAR
1. Media : Lembar wacana
2. Sumber : Bahasa & Sastra Indonesia , Dra. Supratiningsih, M.Pd.,
PT Remaja Rosdakarya, Bandung
Bahasa Indonesia 3b, Intan Pariwara, 2002
Buku Paket Terampil 3
IV. METODE/TEKNIK PEMBELAJARAN
Diskusi, Inkuiri, Penugasan, Tanya jawab
Model : key problem (saksi kunci)
V. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan awal : (apersepsi 15 menit)
· Mengucapkan salam dan berdoa bersama.
· Menanyakan ketidakhadiran siswa (jika ada)
· Memperhatikan kesiapan siswa antara lain kelengkapan buku catatan ,serta menggugah ingatan melalui pertanyaan untuk memberi motivasi
· Menyampaikan SK /KD, dan indikator
Kegiatan Inti ( 65 menit)
· Guru menyampaikan Informasi penting tentang kegiatan yang akan dikerjakan.
· Guru menyiapkan 5 buah teks laporan/berita.
· Guru membagi kelas atas 5 kelompok)
· Perwakilan kelompok disuruh ke depan untuk membacakan teks berita
· Tiap kelompok yang tidak ditunjuk diberi tugas untuk melaporkan kalimat-kalimat pokok, menemukan fakta, menemukan opini,
· Ketua/wakil kelompok merefleksikan hasill simakkannya secara klasikal
· Kebenaran laporan tiap kelompok akan disampaikan oleh kelompok pembaca teks kelompok ini (sebut saja saksi kunci karena kunci kebenaran ada dalam teks yang dipegangnya) harus menemukan terlebih dulu)
· Guru memperhatikan/mengarahkan/meluruskan jalannya penyelesaian informasi (bisa saja terjadi kemungkinan saksi kunci salah dalam mengambil keputusan)
Kegiatan Penutup (10 menit)
· Guru memberikan penguatan/penghargaan pada semua kelompok
· yang aktif
· Guru menegaskan kembali materi/bersama-sama siswa menyimpulkan
ketercapaian bahan ajar.
IV. PENILAIAN/ALAT EVALUASI
Penilaian
1. Proses : Penilaian dilakukan selama KBM berlangsung (afektif
dan Psikomotor), Disiplin/keterlibatan dalam anggota diskusi
2. Hasil : Kognitif benar dalam membedakan opini dan fakta
Jenis tes : lisan/tulisan
Bentuk Tes : esay
Alat Evaluasi
Soal :
1. Sebutkan perbedaan kalimat fakta dan opini
2. Buatlah kalimat fakta dan kalimat opini.
3. Tulislah kalimat-kalimat pokok yang terdapat dalam teks yang Anda dengar
Kunci Jawaban:
1. Kalimat yang berisi bukti dan dapat diobservasi sedangkan opini hanya berupa pandangan secara pribadi.
2. a. Dua hari yang lalu tepatnya tanggal 15 September 2007, siswa SMA
Negeri I Amuntai mengadakan buka puasa bersama.
b Tidak pantas seorang pemimpin bersikap arogan seperti itu
3. Jawaban disesuaikan (tergantung wacana yang disimak)
Pedoman Penilaian/skor untuk pengamatan aspek menyimak
No. | Aspek yang dinilai | Rentang nilai / skor | Keterangan |
1. | ISI - 1. Menyampaikan pokok-pokok isi 2. dengan benar dan lengkap. menyebutkan dengan tepat kalimat opini dan fakta | 10 - 20 10 - 20 | |
2. | BAHASA -benar dari segi diksi, struktur/kalimat efektif | 5-20 | |
| Jumlah skor | 60 | |
Mengetahui, Amuntai, ………2010
Kepala SMA /MA Guru Bidang Studi,
…………………… ……………………….
NIP NIP
Tidak ada komentar:
Posting Komentar